Selasa, 03 April 2012

DPR Izinkan Komisi I Kunjungan Kerja ke Luar Negeri


Jakarta: Kunjungan Kerja Komisi I DPR ke empat negara pada masa reses telah disetujui pimpinan DPR. Komisi Luar Negeri dan Pertahanan DPR mendapat pengecualian larangan dari DPR.

"Khusus untuk Komisi I dan Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) berbeda dengan komisi lain, kita izinkan. Karena komisi ini berkaitan dengan KBRI," kata Wakil Ketua DPR RI bidang Politik, Hukum dan Keamanan Priyo Budi Santoso di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (3/4).

Menurut Priyo, pimpinan tak mengizinkan komisi lain kunjungan kerja selain untuk legislasi. Tapi perlakuan berbeda diberikan kepada Komisi I DPR dan BKSAP. Komisi I DPR akan melakukan kunjungan kerja ke Ceko, Polandia, Afrika Selatan dan Jerman.

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, kunjungan tersebut akan dilaksanakan pada pekan ketiga bulan ini. Kunjungan dibagi tiga rombongan. Kunjungan ke Afrika Selatan dipimpin Mahfudz, dilakukan pada 14 April selama tiga hari ditambah dua hari perjalanan.

Selain rapat dengan KBRI dan KJRI, Komisi I DPR akan mengunjungi industri pertahanan di Afrika Selatan yang bekerja sama dengan PT Pindad serta bertemu dengan Komisi Luar Negeri dan Pertahanan. "Ini penting karena mitra Komisi I. Kita ingin tahu apa kinerjanya. Ini fungsi pengawasan," jelas Wakil Sekjen DPP PKS itu.

0 komentar:

Posting Komentar